Friday, July 6, 2012

Menjelang Seminar Hasil

Assalamualaikum...
well,,, kali ini mau cerita tentang kisah Seminar ujian hasil penelitian ....
karena saya adalah mahasiswi fakultas kesehatan masyarakat, yang rangkaian ujian akhirnya ada 3 episode.
pertama, seminar proposal.
kedua, seminar hasil penelitian.
ketiga, seminar komprehensif / ujian meja.
yang ketiga itu insha Allah dalam waktu dekat, doakan yaa semoga lancar. Amin 

ada waktu jeda cukup lama antara waktu penelitian dan seminar hasil penelitian. antara mood yang ga bagus untuk buat transkip wawancara, kebetulan penelitian saya kualitatif, jadi hasil penelitian di olah dengan cara mendengarkan setiap kalimat yang dikatakan oleh informan dan mengetik di word untuk di analisis kemudian.
look so simple, right? but actually hard bagi seorang diriku :')
Alhamdulillah dalam pembuatan transkip hasil wawancara dibantu oleh nobi dan dian jadinya beban berkurang sedikit. mencoba mengolah, meeduksi dan menganalisis... jadi waktu itu saya pasang target analisisnya 3 hari aja, terus maju ke pembimbing untuk Acc, ternyata kualitatif memang ga nyantai yah, analisis data dengan waktu tiga hari itu membuat rambut keriting ! daan akhirnya jadilah sebuah draft yang aka diajukan ke pembimbing. rencananya hari itu mau ketemu pembimbing 1 untuk di Acc dan lanjut ke pembimbing 2. hehehe
Namun ternyata diperjalanan ke kampus dapat sms dari penguji III, yang merupakan fresh Ph.D from Aussie yang aslinya perfect banget, yang merekomendasikan saya untuk menggunakan metode analisis tematik dalam penelitian, dimana saya sangat kesulitan mencari referensi analisis tematik karna kebanyak tesis atau skripsi yang saya dapatkan menggunakan analisis Miles dan Huberman yang sangat simpel.... beliau meminta untuk bertemu di ruang kerjanya di rumah sakit pendidikan unhas.
jadi rencana saya untuk bertemu beliau memang untuk mendiskusikan secara langsung tentang analisis tematik. dan jreeeng pada saat menyodorkan draft hasil penelitian, beliau kasih pengarahan ke saya dan akhirnya saya jadi mengerti mau di bawa kemana hasil penelitian saya dan yang tragisnya beliaupun sukses melukis di draft yang akan di Acc itu serta saya harus total merombak hasil analisis....

setelah dari ruangan penguji III, lanjut lari - lari ke ruangan pembimbing I. namun karena terlalu banyak coretan jadinya tidak langsung di Acc... dalam hati saya " gpplah, soalnya banyak banget yang mau di rubah, nanti saja kalo sudah fix baru di Acc" . dari tempat itu saya kembali ke fakultas bareng taya, merenungkan bagaimana jalan terbaik karena taya sudah acc untuk maju hari selasa dan dia tak mau sendiri. akhirnya dia memberikan ide untuk mengeprint kembali halaman yang dicoret, di edit sesuai seharusnya dan mencoba kembali menghadap ke pembimbing I.

berhubung pembimbing I akan berangkat keluar kota sore harinya jadinya gercep ke tempat print fkg, setelah itu buru buru ke HUH (Hasanuddin University Hospital). sesampai di Huh, beliau lagi rapat akhirnya menunggu sampai sore hari, dan Alhamdulillah ACC dengan beberapa kalimat yang menjadi beban moral seperti ini " belajar baik baik yah, hanya sekali ujian seumur hidup, masa tidak bisa menjawab nanti, jangan bikin malu, ingat ada yang di bilang martabat ". kata kata yang cukup dalam yang terngiang hingga hari H seminar hasil.

setelah di Acc, agak was was juga dengan fix hari naik seminar hasilnya, takut nanti belum selesai dengan perbaikan yang total ini. setelah taya diskusi panjang Alhamdulillah pembimbing menentukan waktu maju seminar hasil tanggal 18 juni 2012 :')

artinya saya ada waktu seminggu untuk merombak draft hasil penelitian....
Alhamdulillah Allah always loves me :')

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

wibiya widget