Pertumbuhan rumah sakit di Indonesia saat ini bisa dikatakan berkembang pesat. Setelah banyak orang mengeluhkan pelayanan rumah sakit murah
numun terlalu bertele-tele, kini muncul berbagai rumah sakit swasta
dengan misi mengedepankan pelayanan. Berbagai upaya pun mereka tempuh.
Berikut beberapa tip yang bisa Anda jadikan acuan saat akan menggunakan jasa layanan rumah sakit murah maupun yang mahal.
Mencari Info
Agar
Anda tidak salah pilih rumah sakit baik itu rumah sakit murah maupun
yang mahal, hal pertama sudah pasti harus Anda lakukan adalah mencari
informasi mengenai rumah sakit yang akan Anda tuju. Informasi bisa Anda
peroleh dari mana saja. Seperti dari informasi tetangga, browsing di
internet, dengan menanyakan pada orang yang pernah menggunakan jasa
rumah sakit tersebut, atau dengan bertanya langsung kepada beberapa
pasiennya. Cari tahu juga apakah susternya cuek sementara
pasien merengek-rengek seperti yang diceritakan Iwan Fals dalam lagunya
(yang ini sangat tidak direkomendasikan).
Lima Besar Layanan
Walaupun
bukan syarat yang mutlak dalam layanan rumah sakit murah maupun mahal,
setidaknya hal ini bisa menggambarkan kemampuan tempat tersebut untuk
memberikan pelayanan di bidang kesehatan. Kalau untuk jenis layanan yang
dasar saja sudah tidak tersedia, apakah Anda akan yakin dengan mutu
rumah sakit tersebut? Rumah sakit yang baik setidaknya telah memiliki
jenis layanan minimal “lima besar”. Di antaranya layanan penyakit dalam, layanan anak, bedah, kebidanan, saraf, mata, THT, kulit dan gigi.
Memiliki Akreditas
Bukan
hanya sekolah atau kampus saja yang harus terakreditasi. Dalam rangka
meningkatkan pelayanan rumah sakit kepada pasiennya, Departemen
Kesehatan telah membentuk Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS). Adapun
hal-hal yang disurvei meliputi 16 layanan. Antara lain: 1)Administrasi
& Manajemen, 2)Media, 3)Gawat darurat, 4)Rekam Media, 5)Keperawatan,
6)Radiologi, 7)Laboratorium, 8)Kamar operasi, 9)Farmasi, 10)K3,
11)Pengendalian infeksi, 12)Perinatal Risiko, 13)Rehabilitasi medis,
14)Gizi, 15)Intensif, 16)Darah. Dalam melakukan survei,
Komunikasi Paramedis dan Pasien
Sudah
menjadi hak Anda sebagai pasien jika menginginkan informasi
selengkap-lengkapnya mengenai apa yang sebenarnya terjadi pada Anda.
Oleh karena itu, saat Anda mencari informasi mengenai rumah sakit
tersebut, jangan lupa untuk menanyakan juga apakah komunikasi antara
dokter, suster, dan perawatnya cukup baik?
Prestasi
Ibarat
seorang tentara, ia harus berperang untuk mendapatkan pengalaman serta
mengetahui seluk-beluk peperangan. Sama juga dengan rumah sakit. Selama
berdiri apakah yang menjadi prestasi membanggakan dari rumah sakit
tersebut?
Pusat Informasi
Ini
adalah bagian yang tak boleh terlupakan dari sebuah rumah sakit. Karena
tak semua orang sangat memahami perihal dunia kesehatan maupun hal
lainnya yang masih terkait. Peranan pusat informasi sangat membantu
orang yang membutuhkan informasi baik yang menyangkut pelayanan medis
maupun nonmedis.
Lingkunngan Mendukung
Rumah
sakit adalah tempat yang paling nyaman bagi pasien untuk beristirahat
dan terbebas dari gangguan yang berasal dari lingkungan sekitar.
sumber: okezone.com
No comments:
Post a Comment